Cobaning Gusti Allah awujud Virus Corona

Cobaning Gusti Allah awujud Virus Corona

saudaraku, saat ini bangsa kita telah mendapat “Cobaning Gusti Allah awujud Virus Corona”, maka mari sedulur semua kita tingkatkan keimanan kita kepada allah yang tiada hendi telah melimpahkan rahmat nikmatnya pada kita. mari kita hadapi situasi saat ini dengan ikhtiar, tawakal, ikhlas dan sabar.

ikhtiar:
Sebagai muslim kita tetap ikhtiar berarti terus berupaya dan berbuat. Tidak diam, juga tidak fatalistis. Keyakinan cukup kuat dan stabil. Sebesar dan semaksimal ikhtiar sebesar itulah hasil yang akan kita dapat. Tentu berikhtiar maksimal dalam jalan yang diridhai-Nya. Bukan di jalan yang tidak dibenarkan, apalagi menabrak banyak rambu dan ketentuan.

Sejatinya, keadaan hasil bergantung pada ikhtiar. Jika ikhtiar ‘sekadar-sekadar’, sekadar pula hasilnya. Jika ikhtiarnya full power, percayalah hasil tidak akan membohongi. “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka.” (QS ar-Ra’d [13]: 11)

tawakal:
Kita Seorang Muslim yang bertawakal tentu akan menyerahkan kepada Allah SWT atas segala yang sudah dilakukannya. Tawakal tidak sama dengan pasrah. Tawakal adalah sebuah tindakan aktif, sementara pasrah adalah tindakan pasif. Tawakal mensyaratkan adanya upaya kreatif dari kita. Dalam Alquran, ada banyak ayat yang berbicara mengenai tawakal ini, setidaknya, ada 70 ayat.

ikhlas:
Menerima dan ridha serta rela atas setiap keputusan. Meng ikhlas kan kejadian dan ketetapan berarti menyudahi ikhtiar dengan legawa. Apa pun yang telah Allah tetapkan pasti sebe nar nya untuk kebaikan kita.

sabar:
kemampuan menunda kesenangan dan menjalani yang ada dengan penuh ketekunan, istiqamah. Kalau sudah Haq tujuannya, sabar adalah strateginya. Pasti, Allah menghendaki kita, untuk negeri yang kita cintai ini, mendapati kualitas kehidupan yang lebih baik dari apa yang telah ditetapkan dan ditakdirkan-Nya.

Mari kita berdoa, merenungkan perbuatan dosa kita dan memohon ampun dengan bertaubat kepada allah swt.