Mengucapkan Kata-kata Cinta Dalam Bahasa Jepang

anata ga suki desu
Bagaimana menyatakan rasa suka atau cinta dalam bahasa Jepang terutama untuk orang yang disukai, kekasih, pacar ataupun keluarga ?
Kata-kata aku suka atau aku cinta padamu mungkin adalah salah satu kata yang paling populer untuk diucapkan di dunia ini. Kata yang paling kalian ingat dalam bahasa Jepang mungkin adalah kata “aishiteru (愛してる)” tapi tahukah kalian bahwa ternyata orang Jepang hampir tidak pernah berkata aku suka padamu atau aku cinta padamu khususnya dengan kata aishiteru ? Orang Jepang umumnya tidak mengekspresikan cinta mereka secara terbuka. Mereka percaya bahwa cinta dapat diekspresikan oleh sopan santun. Jadi apa yang orang Jepang katakan untuk menyatakan suka ? Ketika harus menyatakan perasaan suka, mereka lebih sering menggunakan kata “suki desu (好きです)”. Lalu apa bedanya dengan aishiteru ? Jika sudah penasaran, tidak usah berpanjang lebar lagi, berikut beberapa kata dalam bahasa Jepang yang berarti suka atau cinta.

1.Aishiteru (愛してる)
“Ai (爱)” berarti cinta dalam bahasa Jepang dan kata kerja dari cinta adalah “aisuru (愛する)” sehingga aku suka padamu dapat diterjemahkan secara harafiah sebagai “aishite imasu (愛しています)”, “aishiteru (愛してる)”, “aishiteru yo (愛してるよ)” ​​atau “aishiteru wa (愛してるわ, diucapkan perempuan)”. Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, kata ini jarang digunakan oleh orang-orang Jepang.

2.Suki (好き)
Kata ini dapat digunakan untuk benda atau seseorang yang kamu sukai. Secara harfiah berarti menyukai. “Suki da (好きだ)”, “suki dayo (好きだよ, diucapkan laki-laki)” atau “suki yo (好きよ, diucapkan perempuan)” adalah ekspresi yang lebih sering digunakan sehari-hari. Secara harafiah juga berarti aku suka kamu tapi dapat berarti aku cinta kamu dalam bahasa Jepang. Dalam bahasa Inggris, kata seperti suka adalah kata kerja. Namun, dalam bahasa Jepang, kata ini merupakan kata sifat (な) sehingga objek kalimat ditandai dengan “ga (が)”.

Kono uta ga suki desu (この歌が好きです)
Aku suka lagu ini

Anata ga suki desu (あなたが好きです)
Aku suka padamu

Kata “dai (大)” (secara harafiah berarti besar) dapat ditambahkan sebagai awalan sebelum kata suki untuk menciptakan kesan arti yang lebih kuat atau mendalam. “Daisuki (大好き)” memiliki arti yang lebih kuat dibandingkan suki.

Anata ga daisuki desu (あなたが大好きです)
Aku sangat suka padamu

Karena suki adalah kata sifat, kata ini dapat digunakan sebelum kata benda dengan menggunakan kata “na (な)” yang berubah arti menjadi favorit atau yang (aku) sukai.

Sukina hito to isshoni itai (好きな人と一緒にいたい)
Aku ingin bersama seseorang yang aku sukai

3.Koi (恋)
Koi adalah cinta untuk lawan jenis, atau perasaan kerinduan untuk orang tertentu. Hal ini dapat digambarkan sebagai cinta romantis atau cinta dengan penuh gairah misalnya antara pasangan kekasih sedangkan ai lebih berarti suka atau cinta yang dapat digunakan secara umum (manusia, hewan, bumi, negara-negara, dll).

Watashi wa anata ni koi wo shiteimasu (私は君に恋している)
Aku jatuh cinta denganmu

Watashi wa anata wo aishite iru (私は君を愛している)
Aku suka kamu atau aku sayang kamu

Selain itu koi jarang digunakan sebagai nama sedangkan ai bisa digunakan sebagai nama untuk perempuan.